Skip to main content

Tips Diet Yang Sehat dan Alami

Memang kita ingin cepat menurunkan berat badan dan menjadi langsing, namun perubahan diet drastis apalagi tidak makan berisiko terkena masalah kesehatan. Selain itu, usaha yang tidak sehat juga tidak memungkinkan perubahan gaya hidup sehat demi menjaga kestabilan tubuh ideal dalam jangka panjang.


Lalu berapa pengurangan berat badan yang dianjurkan? Antara setengah sampai satu kilogram seminggu, perhitungannya setengah kilo lemak = 3.500 kalori jadi jika ingin menurunkan berat badan setengah kilogram, berarti dalam sehari minimal harus ada 500 kalori yang terbakar.


Penurunan berat badan drastis yang tidak sehat menyebabkan beberapa risiko kesehatan, selain itu penurunan berat badan tidak akan berlangsung lama dan juga akan cepat naik lagi. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat Anda hadapi:


Kurang gizi
Tubuh lelah dengan mudah dan terasa lemas.
Jaringan otot rusak karena diet ekstrim cepat tidak membakar lemak, tapi otot tubuh.
Berat badan bertambah cepat kembali.
Kelainan tubuh seperti haid tidak teratur, rambut rontok, sembelit, dll.
Bisa terkena penyakit serius seperti dehidrasi, batu empedu, elektrolit dalam tubuh tidak seimbang, dan sebagainya.
Kesalahan Umum Orang Membuat Pada Waktu Diet


Kesalahan dalam diet


Orang yang tidak mengerti tentang bagaimana diet sehat dan penurunan berat badan alami biasanya membuat beberapa kesalahan di bawah ini:


Sengaja melewatkan makanan utama, tapi cara ini akan cenderung membuat Anda ngemil di jajan di sela waktu makan.
Ambil camilan dari camilan, bila ada beberapa cemilan yang jumlah kalorinya tidak banyak dicurigai. Jadi jangan lupa periksa label nutrisi sebelum ngemil.
Mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kalori, maksudnya adalah untuk menghindari makanan berkalori tinggi dan beralih ke minuman manis seperti kopi dengan krim atau soda. Padahal minuman seperti itu jumlah kalori tidak kalah dengan makanan yang ingin Anda hindari.
Kurang konsumsi air karena dianggap akan membuat lemak, namun air mineral penting untuk meningkatkan metabolisme.
Tetapkan tujuan penurunan berat badan yang tidak realistis, misalnya niat menurunkan 5 pon seminggu. Ini malah akan memicu Anda untuk melakukan segala kemungkinan untuk menurunkan berat badan termasuk cara diet tidak sehat. Akhirnya Anda bisa stres dan makan lebih banyak.
11 Cara Diet Sehat dan Pengalaman yang Benar


Cara dietnya alami


Obesitas atau kelebihan berat badan dipicu oleh banyak hal yaitu faktor makanan, genetik, dan banyak lainnya. Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan alami tanpa efek samping agar tidak membahayakan kesehatan tubuh, tapi lebih murah dan ekonomis. Berikut adalah beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan:


1. Tentukan Targetnya


Target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal menurunkan berat badan, misalnya jika Anda suka ngemil makanan yang digoreng, mulai sekarang berniat untuk menghentikan atau mengurangi camilan goreng.


2. Konsumsi banyak air


Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk mengalikan banyak mengkonsumsi air, yang setidaknya 8 gelas per hari. Meningkatnya konsumsi air putih bisa mengurangi risiko dehidrasi, namun juga efektif menurunkan berat badan karena perut akan kenyang sehingga Anda akan merasa kenyang sekalipun tidak makan.


3. Olahraga / Aktif Bergerak


Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga teratur untuk membakar lemak di tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan. Latihan yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah joging, berjalan kaki, latihan aerobik, atau olahraga lainnya. Jika Anda tidak punya banyak waktu maka sempatkanlah untuk menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga bisa membakar lemak dalam tubuh dengan cepat.


4. Konsumsi Kacang Pistachio


Mungkin tidak semua orang pernah mendengar tentang kacang pistachio. Kacang ini biasanya tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, Azerbaijan dan Iran. Kacang pistachio relatif lebih mahal dibanding jenis kacang lainnya. Campuran protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein berkadar rendah yang terbaik. Jadi, jika Anda memiliki lebih banyak uang maka tidak ada salahnya mencoba makanan ini sebagai salah satu cara diet alami.


5. Mengonsumsi makanan yang mampu membakar lemak di tubuh


Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif membakar lemak dalam tubuh dengan cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:


Buah Berry: Ada beberapa jenis buah beri yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan stroberi. Semua jenis buah beri rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.
Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat berdiet.
Yogurt: Yogurt adalah salah satu makanan kesehatan yang kaya vitamin dan rendah lemak. Jika Anda mengonsumsi yogurt secara teratur setiap hari bisa mengurangi kadar lemak di perut sebanyak 81%.
Teh hijau: Minuman yang dikonsumsi oleh sebagian besar orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif menurunkan berat badan adalah teh hijau atau biasa disebut tea olong. Teh hijau bisa memperbaiki proses metabolisme tubuh sehingga membakar lemak di tubuh lebih cepat. Jadi jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat maka konsumsi teh hijau biasa setiap hari bisa lebih maksimal.
6. Makan Makanan Serat Kaya


Salah satu cara diet alami dalam 1 minggu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya juga. Makanan ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Makanan kaya serat bisa didapat dari buah dan sayuran, seperti kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.


7. Menggantikan Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks


Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat secukupnya. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lain-lain. Ternyata makanannya sulit diserap tubuh sehingga terakumulasi menjadi lemak. Karenanya ganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lain-lain karena lebih mudah diserap tubuh ke dalam energi yang dibutuhkan tubuh.


8. Pilih Makanan yang Diproses Dengan Cara Tertentu


Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan yang diolah dengan mengukus atau mendidih bukan makanan yang digoreng. Makanan yang dikukus atau direbus mengandung lebih banyak nutrisi daripada makanan yang digoreng dengan minyak panas. Apalagi, makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi.


9. Kurangi Konsumsi Kemasan Makanan


Makanan siap saji, makanan kemasan, dan makanan gorengan memiliki kandungan kalori dan lemak tinggi, belum lagi bahan pengawet dan garam. Jadi harus dikurangi atau dihindari saat Anda sedang mengerjakan diet sehat dan alami.


10. Atur Isi Makanan di Pelat Anda


Yang harus Anda lakukan adalah mengatur ulang makanan di piring Anda. Intinya adalah mengisi sepertiga piring Anda dengan makanan rendah lemak seperti ikan, unggas, atau daging tanpa lemak. Selain itu, perbanyak buah dan sayuran dan kacang-kacangan. Pilih juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan nasi merah. Jika suka buah, pilih yang tidak terlalu manis seperti alpukat, tomat, dan apel.


11. Merawat Makan Malam


Untuk menurunkan berat badan tidak perlu meninggalkan makan malam tapi Anda perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak melakukan banyak aktivitas sehingga hanya membutuhkan sedikit energi dan asupan gula. Jadi atur pola makan malam Anda dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan, tapi juga hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak seperti digoreng jika Anda tidak ingin perutnya besar (buncit).


Diet 2000 kalori


Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan berdasarkan kebutuhan kalori sangat penting. Yang penting adalah jangan sampai kalori dikonsumsi melebihi tubuh yang Anda butuhkan sehingga malah menumpuk dan menjadi gemuk.
Kebutuhan 2.000 kalori sudah cukup untuk Anda setiap hari, selain menerapkan 6 langkah di atas, dukung diet Anda dengan menu makanan sehat dan alami di bawah ini:


• Sarapan pagi


Sereal ditaburi kismis dengan susu bebas lemak sebagai pelengkap.
Setelah itu jangan lupa untuk makan satu pisang kecil ditambah sepotong roti yang terbuat dari biji-bijian yang diolesi selai margarin atau jeli.
Alternatif:


Oatmeal ditaburi kismis dan dimasak dengan margarin.
Jus oranye atau susu bebas lemak sekitar 250 ml untuk jus jeruk atau 120 ml untuk susu.
• Makan siang


Roti sandwich terbuat dari biji-bijian yang diisi dengan saus mustar, ayam, tumis jamur, dan selada.
Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi 200 g kentang rebus.
• Makan malam


Satu semangkuk nasi merah dengan capcay tahu dan sayuran serta paprika.
Secangkir teh lemon 250 ml
Bagaimana dengan snack? Anda yang tidak bisa menahan diri jika tidak ngemil bisa mengonsumsi 245 gram yoghurt rendah lemak dengan potongan buah.


Nah, biasanya jika Anda tidak mengonsumsi makanan favorit tinggi lemak dan kalori terkadang bisa membuat orang yang berdiet menjadi stres. Untuk itu, Anda hanya bisa makan makanan berlemak atau berkalori tinggi kapan saja, misalnya hanya pada hari Minggu saja. Tapi keesokan harinya, Anda harus kembali mengonsumsi makanan rendah lemak karena berguna untuk menghindari penumpukan kalori yang bisa menjadi gemuk.


5 Jenis Diet, Pilih Diet Sehat Alami Anda!


Pilihan diet


Mungkin Anda mencari berbagai cara diet sehat alami yang banyak beredar di internet. Memang ada banyak cara, tapi hati-hati juga dengan efek samping dan apakah diet sesuai dengan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa contoh diet populer yang mungkin ingin Anda coba:


1. Diet Paleo


Pernahkah anda mendengar tentang diet ini? Inti dari diet sehat ini adalah Anda hanya boleh mengonsumsi makanan alami seperti manusia gua pada masa prasejarah. Makanannya seperti:


Sayuran
Ikan
Daging ramping
Gila
Minyak sayur
Biji-bijian
Dan untuk makanan yang harus dihindari seperti gula, ubi jalar, garam, biji serealia, produk susu, kentang, dan makanan olahan / minuman. Efek samping? Bisa cepat bosan karena selera makanannya hambar, bisa kurang asupan asupan kalsium dan karbohidrat, dan pastinya mahal karena harus membeli makanan organik.


2. Diet 5: 2


Diet ini hanya memungkinkan kita makan selama 5 hari dalam seminggu, sedangkan 2 hari berikutnya harus cepat! Menurut beberapa penelitian, diet ini bisa mengurangi risiko penyakit mematikan seperti diabetes tipe 2, bisa meningkatkan hidup Anda, melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia, mengurangi risiko kanker payudara dan berhubungan dengan obesitas, dan meningkatkan fungsi kognitif. Efek samping saat puasa mudah pusing, dehidrasi, bau mulut, kantuk, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, dan insomnia.


3. Atkins Diet


Dengan cara diet ini sebaiknya Anda sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat dan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak dan protein. Intinya adalah saat Anda merasa lapar karena tidak mengkonsumsi karbohidrat, tubuh akan membakar lemak untuk menghasilkan energi. Efek sampingnya mirip dengan diet 5: 2 seperti pusing mudah, mulut kering, mudah lelah, mual, insomnia, kekurangan serat, bahkan bisa berisiko kesehatan jantung.


4. Diet Dukan


Diet ini lebih ditekankan bagi kita untuk mengonsumsi makanan rendah lemak, rendah karbohidrat, dan tinggi protein. Diet ini sengaja dirancang agar Anda tidak merasa lapar dengan mudah. Anda dapat memilih sekitar 100 makanan berbeda (28 dari sumber sayuran yang berbeda dan 72 dari sumber hewani) dan mungkin memakannya sesuai keinginan Anda. ASALKAN terus mengeluarkan 100 makanan yang diijinkan. Efek sampingnya, penurunan berat badan bisa disebabkan oleh hilangnya massa otot dan cairan dalam tubuh. Selain itu, Anda bisa mengalami bau mulut, sembelit, malnutrisi, mulut kering, kelelahan, hingga kerusakan hati dan ginjal.


5. Mayo Diet


Diet ini diterbitkan oleh Mayo Clinic yang telah diuji dengan pengalaman dan penelitian klinis. Beberapa sumber mengatakan diet ini bisa mengurangi risiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, insomnia, dan tekanan darah tinggi. Dalam diet Mayo Anda perlu mengubah kebiasaan tidak sehat dan diganti dengan yang lebih sehat.


Ada piramida makanan dalam diet Mayo ini dengan sayuran dan buah-buahan yang paling banyak dikonsumsi. Kemudian asupan susu, karbohidrat, dan daging juga di Mayo diet makanan piramida dengan makanan manis yang perlu dibatasi setiap hari. Selain itu, diet ini juga merekomendasikan agar Anda melakukan aktivitas fisik / olah raga. Intinya adalah diet ini cocok untuk Anda yang ingin mengubah kebiasaan konsumsi makanan tidak sehat dengan memperbaiki kebiasaan makan. produk kecantikan ql, daur ulang plastik bekasi, tanaman herbal kista, tips hamil orang yahudi, tanaman herbal diabetes.


kecantikan eva mulia info pendaftaran politeknik kesehatan yogyakarta sampahbot wing x sampah yang tidak dapat diuraikan secara biologis adalah daur ulang handuk bekas sampah jenis cairan kimia dapat dimusnahkan melalui daur ulang plastik mika

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar