Skip to main content

27 Obat Kolesterol Tinggi di Darah di Sekitar Kita

Kolesterol saat ini adalah penyakit yang meningkat. Hal ini disebabkan banyaknya pilihan kuliner dengan cita rasa yang sangat menggoda yang terbuat dari kolesterol. Jadi saat ini kolesterol mempengaruhi masyarakat tanpa memandang usia.

Pilihan makanan banyak diminati kalangan muda sehingga banyak anak muda juga menderita penyakit kolesterol tinggi. Tapi apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah lemak atau lipid molekut atau sejenisnya. Jadi makanan kolesterol adalah makanan yang banyak mengandung lemak seperti jeroan, daging berlemak tinggi, susu betrlemak tinggi, makanan laut, minyak trans dan banyak jenis lainnya.

Dengan jumlah makanan yang mengandung lemak yang masuk ke tubuh dan sulit dicerna sehingga lemak terakumulasi dalam tubuh, terutama di selaput sel dalam plasma darah sehingga mengakibatkan kenaikan kadar kolesterol jahat atau disebut penyakit kolesterol tinggi.

Makanan berlemak tinggi akan menumpuk saat tubuh malas bergerak atau jarang berolahraga sehingga pembakaran lemak tidak optimal. Selain itu, berbagai gaya hidup buruk lainnya seperti merokok, minuman beralkohol dan banyak lainnya juga berkontribusi terhadap peningkatan kolesterol jahat.

Obat kolesterol tinggi
Sebenarnya kolesterol juga salah satu hal yang dibutuhkan tubuh untuk mendapat energi tapi kolesterol atau lemak yang dibutuhkan adalah kolesterol baik yang didapat dari bahan alami seperti buah dan sayuran dan minyak tak jenuh.

Penyakit kolesterol tinggi memiliki banyak risiko komplikasi sehingga penyakit ini sangat berbahaya. Dibutuhkan perawatan khusus untuk mengobati penyakit. Obat kolesterol sebenarnya sangat mudah untuk bertemu disekitar kita.

Jika ingin tahu obat kolesterol yang mudah maka Anda harus melihat beberapa daftar obat kolesterol yang akan saya bahas kali ini.

OBAT KOLESTEROL

Kenaikan kadar kolesterol sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai komplikasi bisa terjadi jika kolesterol semakin tinggi. Sebaiknya segera lakukan penurunan kadar kolesterol jahat dengan beberapa obat kolesterol berikut ini:

1. GARLIC

Obat kolesterol alami pertama adalah bawang putih. Bawang putih selalu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya salah satunya kolesterol tinggi. Berbagai kandungan bawang putih bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan jumlah kolesterol jahat.

Selain itu bawang putih juga bisa mencegah dan mengobati pembekuan darah. Bawang putih juga masuk dalam daftar makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati berbagai infeksi jamur dan virus.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah secara langsung atau mengolahnya dengan memasak sehari-hari.

2. BAWANG DAN UANG

Bawang masih kerabat dekat bawang putih maka sifatnya juga hampir sama meski tidak sebanyak bawang putih. Bawang juga bisa menjadi salah satu obat kolesterol dengan kadar flavonoid yang akan melindungi tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain kandungan flevonoid yang merupakan antioksidan tinggi, bawang merah juga kaya akan quercetin yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Penambahan madu juga kombinasi yang tepat karena madu juga tak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan salah satunya bisa menurunkan kolesterol jahat.

3. JADAI ORANG

Jus jeruk sangat baik untuk kesehatan karena kandungannya yang penting dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya bisa menjadi obat kolesterol yang baik.

Berbagai kandungan adalah nutrisi pelindung tubuh yang baik seperti flavonoid, vitamin C, folat, dan fitosterol yang mengandung lemak baik sekitar 12%. Anda bisa mengonsumsi jus jeruk tanpa pemanis tambahan setiap pagi, siang dan malam. Jika ingin menambahkan rasa manis sebaiknya tambahkan sedikit madu.

4. OATMEAL

Salah satu cara terbaik menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat salah satunya adalah oatmeal. Kandungan serat dalam oatmeal dapat membantu mencerna lemak dan menyingkirkannya melalui kotoran.

Selain itu, sarapan setiap pagi dengan menggunakan oatmeal juga akan menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan energi dan mencegah obesitas.

5. KETUMBAR WATER RECYCLING

Ketumbar biasa digunakan sebagai bumbu masakan yang bertujuan untuk menambah rasa pada masakan dan menghilangkan rasa amis di piring, namun ternyata tidak hanya itu manfaat bumbu, ketumbar juga memiliki kandungan kolesterol yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. Itu secara otomatis akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, ketumbar juga bisa menyerap gula secara maksimal sehingga bisa mencegah diabetes.

Bagaimana

Rebus 2 sdm ketumbar dengan 1 gelas air
Tunggu sampai air mendidih lalu angkat
Setelah dinginkan saringan dan minum setiap pagi dan sare masing-masing 1 gelas
Minum ramuan ini sampai kolesterol kembali normal
Pertimbangkan juga: Penyakit Kolesterol Mencegah Yang Harus Anda Hindari Dari Sekarang!

6. KONSUMSI MINYAK KELAPA VIRGIN

Minyak ini sebenarnya lebih dikenal sebagai minyak kelapa asli. Minyak ini bisa Anda gunakan untuk memasak. Minyak yang sangat bagus ini mengandung lemak tak jenuh yang bisa menggantikan penggunaan minyak sawit.

Selain itu, minyak ini kaya akan asam larut yang dapat dipercaya meningkatkan kolesterol baik dan menekan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Selain memasak Anda bisa menambahkan minyak ini ke dalam salad atau berbagai olahan makanan lainnya.

7. MINUMAN MINUM SALMON MINUM

Minyak ikan salmon adalah salah satu suplemen yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat yang juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain manfaat lain Anda juga bisa merasakannya dengan mengonsumsi minyak ikan salmon.

Seperti bisa menjaga kesehatan jantung, diabetes dan mengurangi risiko gangguan ingatan seperti demensia. Minyak ikan salmon memiliki banyak kandungan salah satunya omega 3 tingkat dapat mencegah diabetes, dan dapat mengurangi resiko obesitas.

8. MINUM DENGAN SARI APEL

Cuka sari apel mengandung cuka tingkat tinggi sehingga sangat kuat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain cuka sari apel juga bisa mengobati berbagai penyakit lainnya.

Namun, karena kadar asamnya cukup tinggi sehingga penderita borok tidak banyak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan asam lebih lanjut bisa melukai perut. Selain itu cuka sari apel juga memiliki kandungan lainnya.

Seperti kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan tinggi yang bisa melawan trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Anda bisa mengonsumsi 1 cangkir air hangat yang diberi campuran 1 sendok teh cuka sari apel setiap hari sampai kolesterol benar-benar turun. Jika tidak suka rasanya tambahkan sedikit madu atau jus jeruk

9. TEH HITAM

Teh hitam menjadi satu jenis teh yang bisa menjadi obat kolesterol tinggi. Tapi harus dikonsumsi tanpa gula tambahan untuk menurunkan kolesterol maksimal. Bahkan sebuah penelitian membuktikan teh hitam bisa mencegah kanker dan penyakit jantung koroner.

Mengkonsumsi 5 cangkir teh hitam tanpa gula dalam seminggu akan membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Daripada itu tidak. Tapi diet juga harus diperhatikan meski Anda sudah mengonsumsi teh hitam untuk perawatan maksimal.

10. GOOSEBERRY BUAH-BUAHAN MAKAN MALAM

Mengkonsumsi buah gooseberry juga merupakan salah satu obat kolesterol yang cukup manjur. Bahkan di berbagai negara tetangga buah ini sangat terkenal seperti di eropa, asia tenggara dan africa barat.

Kandungan corilagin sangat penting dalam mencegah penumpukan kolesterol dan plak di dalam arteri sehingga buah ini sangat ampuh mengobati kolesterol. Selain itu buah gooseberry memiliki kandungan potasium dan serat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah obesitas serta memperbaiki proses pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi buah gooseberry secara langsung atau bisa juga mengonsumsi ekstrak gooseberry dalam bentuk bubuk lalu diseduh seperti minum susu atau teh namun tetap tanpa tambahan gula.

11. MINUMAN HITAM HITAM HITAM

Cokelat bubuk hitam ini biasa digunakan untuk aditif pembuatan kue atau bisa juga digunakan sebagai minuman. Tapi bubuk hitam ternyatamcoklat juga memiliki manfaat yang sangat penting salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Bubuk coklat hitam memiliki kandungan flevonoid yang berperan penting dalam memerangi kolesterol dan gula darah. Sebuah penelitian juga membuktikan mengkonsumsi bubuk coklat hitam bisa menaikkan kadar kolesterol baik hingga 24%.

Minumlah secangkir coklat bubuk hitam setiap pagi tanpa tambahan susu dan gula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar