Skip to main content

27 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dengan Cepat Terbukti Kuat

Penyakit vertigo terjadi akibat kerja otak yang mengalami kebingungan sehingga memberikan respon yang salah sehingga seolah-olah semua benda benda berputar dab sebenarnya tidak. Penyakit vertigo akan membuat penderita butuh banyak istirahat untuk pusing sehingga pemintalan semacam itu bisa segera hilang.

Vertigo bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, perubahan posisi dalam waktu yang sangat singkat akan memicu kambuhnya penyakit vertigo. Sensitivitas terhadap cahaya dan kebisingan juga akan membuat penyakit lebih mudah muncul

Bila pusing tidak bisa dikendalikan Anda mungkin merasa mual, muntah atau bahkan kehilangan kesadaran diri atau pingsan. Hambatan suplai darah yang membawa oksigen ke otak akibat otot sekitarnya adalah penyebab utama vertigo.

Penyakit vertigo sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan karena penyakit ini harus segera diobati agar tidak menjadi serius. Cara mengobati vertigo sebenarnya tidak terlalu sulit. Mengubah beberapa gaya hidup yang salah bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati vertigo.

PENYEBAB PENYAKIT VERTIGO

Tapi sebelum kita melihat beberapa cara untuk mengobati vertigo sebaiknya kita lihat terlebih dahulu apa penyebab penyakit vertigo berikut ini:

ANEMIA

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan darah yang membuat suplai darah dari jantung ke otak berkurang sehingga jumlah oksigen juga berkurang. Inilah yang membuat Anda pusing dan mengalami vertigo.

MENEKANKAN

Tidak ada keraguan jika stres akan membuat saraf di otak menjadi tegang dan membuat Anda mengalami vertigo. Stres yang berlebihan juga akan membuat berbagai penyakit lain menyerang tubuh Anda sehingga bisa mengatur stres dengan baik agar tubuh menjadi sehat.

PERUBAHAN POSISI

Mengubah posisi dalam waktu singkat akan membuat kepala Anda pusing dan bisa menjadi salah satu penyebab vertigo. Seperti saat dalam posisi duduk dan akan segera berdiri yang dilakukan tiba-tiba.

EFEK OBAT

Mengkonsumsi obat kimia yang berlebihan atau obat untuk penyakit tertentu seperti obat kejang dapat menyebabkan vertigo menyerang kepala Anda.

PENYAKIT JANTUNG

Bila hati Anda bermasalah maka kerja jantung memompa darah ke tubuh dan otak akan terhambat makannya bisa membuat Anda menderita penyakit vertigo.

CARA MENGOBATI VERTIGO

Setelah kita melihat beberapa penyebab penyakit vertigo yang bisa terjadi karena beberapa hal yang harus kita hindari sehingga penyakit vertigo tidak menyerang tubuh kita. Tapi jika penyakit vertigo sudah menyerang kepala Anda sebaiknya lakukan beberapa cara mengobati vertigo sehingga penyakitnya tidak bertambah parah.

Mari kita lihat beberapa cara mengobati vertigo yang akan membantu Anda mengurangi dan menyembuhkan penyakit. Cara mengobati vertigo juga sangat mudah. Berikut beberapa cara merawat vertigo secara alami seperti:

1. HINDARI PERUBAHAN POSISI DI KEDATANGAN

Cara mengobati vertigo tidak hanya dilakukan dengan mengkonsumsi obat oabt tapi bisa Anda lakukan dengan mengubah kebiasaan Anda yaitu dengan menghindari perubahan posisi dengan cepat dan tiba-tiba seperti saat Anda bangun sebaiknya tidak duduk atau berdiri tapi membiarkan Anda dalam posisi tidur untuk beberapa saat. Darah di otak menjadi normal

2. HINDARI MEMBAWA GADGET SAAT PERJALANAN

Gadget yang telah menjadi kebutuhan dasar saat ini sebenarnya memiliki pengaruh buruk pada kesehatan karena radiasi yang dihasilkan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang salah satunya dapat menyebabkan vertigo, sebaiknya hindari membawa gadget saat bepergian atau saat berada di dalam kendaraan sebagai salah satu cara. Mengobati vertigo dan mencegah vertigo Relapse.

3. HINDARI MUSIK DAN HARD SOUND

Penderita vertigo biasanya sangat peka terhadap suara ringan dan keras. Sebaiknya hindari tempat yang bisa memicu kambuhnya vertigo. Hindari juga atur musik terlalu keras sehingga vertigo tidak kambuh lagi. Cara sederhana ini juga efektif mencegah dan mengobati vetigo.

4. LONG CUKUP

Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu kunci hidup sehat. Begitu juga dengan penyakit vertigo bisa disembuhkan dan dicegah dengan mereproduksi istirahat. Pastikan Anda tidur 7 sampai 8 jam per hari sehingga penyakit vertigo Anda tidak menyerang lagi.

Anda juga bisa beristirahat atau tidur sejenak saat vertigo tiba-tiba menyerang karena rasa pusing sehingga Anda merasa cepat mereda.

5. POSISI YANG NYAMAN

Cara mengobati vertigo juga bisa dilakukan dengan mengambil posisi yang lebih nyaman. Bila penyakit menyerang vertigo jangan sampai memaksa tubuh Anda untuk tetap berdiri namun carilah posisi yang lebih nyaman seperti duduk atau berbaring.

Setelah itu biarkan tubuh Anda beristirahat sejenak untuk menghilangkan pusing yang berlebihan dan jangan panik saat penyakit menyerang Anda.

6. LAKUKAN RUKUK ATAU SUJUD

Vertigo bisa terjadi karena aliran darah ke otak yang terhambat yang akan membuat otak kekurangan oksigen. Sebaiknya Anda merasa lebih baik melakukan gerakan membungkuk atau sujud agar darah mengalir ke otak menjadi lancar dan suplai oksigen juga akan terpenuhi sehingga rasa pusing bisa hilang dalam beberapa saat.

7. MINUMAN MINUM PUTIH DAN HUJAN

Mengkonsumsi air atau teh hangat setelah serangan vertigo juga bisa meringankan gejala pusing yang Anda rasakan. Cara ini juga membuat otak Anda terasa segar dan rileks sehingga pusing cepat mereda

8. HINDARI PERDAMAIAN

Menginadri ceramas yang akan memicu sesak napas dan ketidaknyamanan bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati vertigo. Kerumunan akan memicu vertigo kambuh. Anda harus menempatkan diri Anda dalam keadaan nyaman untuk memindai serangan vertigo mendadak

9. HINDARI ROK * K

Kebiasaan merokok bisa memicu tubuh berbagai penyakit. Zat adiktif seperti nikotin dalam rokok tidak baik untuk tubuh. Asap rokok juga memiliki efek yang sama pada tubuh. Sebaiknya hindari rokok dan rok asap k agar Anda bisa terhindar dari penyakit salah satunya bisa terhindar dari penyakit vertigo.

10. MINUMAN MINUMAN JAUHI * L

Jika Anda salah satu penderita vertigo harus menghindari minuman yang mengandung alkohol sehingga penyakit Anda bisa sembuh dan tidak kambuh lagi. Minuman beralkohol sebaiknya tidak dihindari hanya untuk orang dengan vertigo saja tapi harus dihindari setiap orang agar tubuh Anda lebih sehat

11. HINDARI MINUM MINUM

Selain minuman ber2oh * l, minuman berkafein juga harus Anda hindari untuk mengobati penyakit vertigo. Mengkonsumsi minuman berkafein akan membuat pusing pusing Anda lebih parah karena itulah Anda harus menghindari minuman ini sehingga vertigo tidak kambuh lagi.

12. MADU

Mengkonsumsi madu secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang akan membantu melawan berbagai penyakit salah satunya penyakit vertigo. Berbagai kandungan madu sangat baik untuk tubuh.

Sebaiknya buat air madu setiap pagi dengan memasukkan 3 sdm madu ka dalam 1 gelas air dingin dan aduk. Setelah dicampur minum air putih madu secara teratur maka rasa pusing akibat vertigo bisa sembuh dengan mudah.

13. WARM TEAS DAN JAHE

Minum segelas teh yang diberi sedikit jahe akan membuat otak Anda terasa lebih tenang dan mengurangi ketegangan di kepala dan daerah sekitarnya. Ini akan membuat vertigo Anda merasa cepat lenyap.

Sebaiknya gunakan teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi trubuh Anda dari bahaya radikal bebas seperti asap rokok yang akan memperparah penyakit vertigo Anda.

Buat 1 cangkir teh tanpa pemanis, lalu tambahkan beberapa irisan jahe segar. Tambahkan sedikit madu untuk memberi rasa manis. Kemudian aduk semua bahan sampai tercampur setelah itu Anda bisa minum teh jahe sambil hangat.

14. KETUMBAR DAN HONEY

Mengkonsumsi madu dalam kombinasi dengan ketumbar bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati vertigo. Ramuan ini akan memberi rasa nyaman di tubuh dan otak Anda. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah rendam 1 sdm ketumbar selama 1 hari.

Setelah 1 hari berlalu panaskan perendaman air sampai mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu sampai air menjadi hangat, lalu tambahkan 3 sendok makan madu lalu aduk dan minumlah ramuan gelas per hari sampai pusing yang Anda rasakan hilang.

15. STRAWBERRY DAN YOGHURT

Cara mengobati vertigo bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menambah nutrisi dan energi. Mengkonsumsi jus stroberi yang dicampur dengan sedikit yoghurt sangat baik dikonsumsi penderita vertigo menambah nutrisi dan membantu mengurangi gejala vertigo.

Mengkonsumsi jus Strawberry juga bisa mendongkrak sistem kekebalan tubuh yang akan membantu melawan penyakit dari dalam secara alami. Buatlah jus seperti cara membuat jus lainnya.

16. MILK DAN ALMOND BEANS

Susu dan almond adalah obat yang terasa baik vertigo dan bergizi tinggi. Tidak seperti penyakit lain yang menggunakan ramuan herbal yang memiliki rasa pahit, namun penyakit vertigo ini justru menggunakan ramuan alami yang memiliki cita rasa cukup bagus. Selain enak tentunya juga sangat bergizi dan cepat sembuh.

Karena penyakit vertigo menekankan perbaikan nutrisi tubuh dan otak untuk mengobati penyakit ini. Bahan alami yang memiliki banyak nutrisi untuk obat vertigo lebih lanjut adalah susu dan almond.

Mengkonsumsi segelas susu hangat ditambah 2 sendok makan almond yang telah dihaluskan setiap pagi akan mengurangi pusing yang disebabkan vertigo yang Anda alami.

17. SUSU SUSU

Minum segelas susu hangat setiap pagi bisa meringankan gejala vertigo. Susu juga bisa menghindari darah rendah dan anemia yang menjadi salah satu penyebab vertigo. Karena itu susu hangat sangat baik dikonsumsi saat gejala vertigo menyerang Anda.

Untuk menghindari kolesterol sebaiknya memilih susu rendah lemak. Buat segelas susu dengan menambahkan 2 sendok makan susu ke dalam segelas air hangat dan aduk. Setelah itu Anda bisa meminum susu setiap pagi dan malam sebelum tidur.

18. TIDUR DENGAN POSISI KEPALA LEBIH RENDAH ATAU APA PUN DENGAN TUBUH

Bila kepala Anda merasa berputar atau vertigo sebaiknya segera beristirahat dan tidur sejenak. Tapi hindari penggunaan bantal saat Anda tidur agar aliran darah ke otak menjadi lancar. Bila aliran darah berjalan lancar, rasa pusing yang Anda rasakan akan hilang sedikit demi sedikit.

19. Jus LEMON

Cara mengobati vertigo juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi segelas jus lemon plus sedikit percikan lada hitam. Cara ini juga bisa menenangkan dan memberi kenyamanan bagi tubuh.

Minumlah segelas jus lemon setiap pagi setelah sarapan sehingga gejala vertigo seperti pusing, mual, muntah dan pingsan bisa dikurangi.

20. TEH LEAF

Daun teh yang biasa diekstraksi menjadi bahan dasar pembuatan air teh juga bisa digunakan secara langsung untuk mengurangi gejala vertigo seperti pusing dan muntah. Daun teh juga bisa menenangkan pikiran Anda.

Bagaimana

Ambil 1 genggam daun teh
Cuci dan rebus daun teh dengan 1 gelas air
Tunggu sampai air mendidih lalu angkat
Setelah itu minum selagi hangat
21. BUAH-BUAHAN MANGGIS

Untuk mengobati berbagai penyakit biasanya kita menggunakan kulit manggis namun ternyata buahnya juga bisa dijadikan obat vertigo yang cukup ampuh. Nilai gizi di dalamnya bisa memberi makan tubuh dan mengobati vertigo yang mengganggu.

22. MINYAK OLAHRAGA

Minumlah 2 sendok makan minyak zaitun setiap pagi untuk membantu meredakan vertigo yang menyerang Anda. Berbagai kandungan minyak zaitun sangat baik untuk tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya vertigo.

23. YOGHURT

Yang satu ini susu fermentasi juga sangat baik untuk tubuh dan kulit. Kandungan yogurt lebih baik dari pada bahan dasar susu. Anda bisa mengonsumsi yogurt setiap hari untuk mengurangi penyakit vertigo.

24. KONSUMSI VITAMIN D

Inti pengobatan vertigo adalah penambahan nutrisi. Salah satu nutrisi yang digunakan untuk mengobati vertigo adalah vitamin D. Anda bisa mengoptimalkan hasil kerja vitamin D dengan bantuan sinar matahari pagi di bawah jam 9.

25. VITAMIN B6

Makanan yang mengandung vitamin B6 bisa Anda konsumsi setiap hari untuk mengurangi gejala vertigo seperti pusing, mual dan muntah. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 seperti pisang, alpukat, tuna, salmon, bayam, dan brokoli dan banyak makanan lainnya.

26. VITAMIN C

Vitamin C akan mengurangi rasa pusing yang menyerang Anda. Vitamin C yang didapat dari bahan alami lebih dianjurkan dibanding tablet vitamin C untuk menghilangkan gejala pusing vertigo. Bahan alami tentu lebih aman dibanding kemasan vitamin C.

Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran tinggi vitamin C seperti jeruk, mangga, tomat, pepaya, kembang kol, paprika, melon dan brokoli.

27. CABAI RAWIT

Meski sangat pedas namun manfaat cabai bisa meringankan gejala vertigo yang Anda rasakan. Cabai rawit adalah bumbu vitamin C tinggi dan mengandung ginko biloba yang bisa menghaluskan aliran darah ke seluruh tubuh dan otak

Beberapa konten tentu tidak lagi disangkal sangat baik untuk tubuh dan bisa mengobati vertigo yang Anda alami. Batasi penggunaan cabai rawit jika Anda mengalami gangguan pencernaan.

Itulah 27 cara mengobati vertigo yang bisa Anda coba di rumah untuk membantu meringankan gejala vertigo seperti pusing, mual, muntah dan pingsan. Semoga berhasil semoga sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar