Skip to main content

12 Manfaat Buah Pisang untuk Wanita Hamil dan Diet

Buah pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat terutama bagi ibu hamil dan diet. Manfaat pisang bagi wanita hamil dan diet pun tak diragukan lagi. Makan buah ini telah direkomendasikan oleh beberapa pihak medis. Pisang mengandung cukup kalori untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil karena itu, wanita dalam kondisi hamil sangat dianjurkan untuk makan pisang sebanyak 3-4 porsi sehari. Apa manfaat dari pisang untuk wanita hamil? Berikut adalah beberapa konten dan manfaat pisang untuk wanita hamil dan diet.

Berikut Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Diet

1. Manfaat Asam Folat

Pisang mengandung asam folat yang sangat penting untuk perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang pada janin sehingga memakan pisang untuk wanita hamil dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan cacat lahir.

2. Mencegah Anemia

Wanita hamil sangat rentan terhadap anemia yang bisa mengakibatkan komplikasi pada kehamilan dan proses kelahiran bayi. Pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 3% dari 225 gram pisang, zat besi sangat baik untuk menghasilkan hemoglobin sehingga bisa mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

3. Kembangkan Sel Sistem Nervous Central Nervous

Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa mengembangkan sel sistem saraf pusat pada janin sehingga bisa mengurangi risiko morning sickness. Dalam satu pisang mengandung 4 mg vitamin B6 dan ibu hamil membutuhkan 1,9 mg vitamin B6.

4. Mengatasi Masalah Konstipasi

Salah satu masalah yang banyak dialami wanita hamil dalam masalah sembelit atau tidak buang air besar. Wanita hamil bisa makan pisang untuk mengatasi masalah ini tanpa perlu mengkonsumsi obat yang terbuat dari bahan kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin. Satu pisang mengandung 6 gram serat yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Inilah salah satu manfaat pisang untuk wanita hamil dan diet alami.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah yang dialami banyak wanita hamil adalah gangguan pencernaan dan mulas yang bisa menyebabkan janin mengalami tekanan pada perut. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, buah yang bisa mengatasi gangguan pencernaan pada wanita hamil adalah pisang. Kandungan antasid pada pisang dapat menekan sekresi asam dan kandungan pektin yang dapat membantu sistem pencernaan dalam menormalisasi kerja usus.

6. Mencegah Dehidrasi

Wanita di negara hamil biasanya kehilangan banyak cairan tubuh yang menyebabkan dehidrasi yang bisa berbahaya bagi perkembangan janin. Pisang mengandung potassium yang bisa berfungsi sebagai oralit atau pengganti cairan tubuh yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

7. Sumber Kalsium

Dalam 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, selain itu kandungan kalsium ini juga dapat mempercepat neotransmitter dalam kontraksi otot untuk perkembangan janin.

8. Pertahankan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam satu pisang mengandung 33% vitamin C yang bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh atau sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil dan juga janin.

9. Sumber Kalori

Di setiap 225 gram pisang ada 2,5 gram protein yang berfungsi sebagai sumber kalori dan juga sebagai pembentuk antibodi pada ibu dan janin yang dikandungnya.

10. Sebagai Breastmaker

Pisang mengandung banyak mineral yang berfungsi sebagai pembentuk ASI. Setiap ibu menyusui membutuhkan banyak mineral untuk mengembalikan asupan ASI yang telah diberikan kepada bayinya. Inilah manfaat pisang untuk wanita hamil dan diet hamil.

11. Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Setiap ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi dalam porsi besar untuk menunjang pertumbuhan janin di rahim. Pisang kaya akan protein, vitamin, serat, dan mineral yang bisa membantu dalam masalah asupan gizi ibu hamil dan dapat meningkatkan nafsu makan.

12. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Memiliki tubuh langsing dan proporsional adalah impian bagi setiap wanita tidak terkecuali bagi ibu yang telah melahirkan. Seorang wanita yang telah melahirkan akan memiliki bentuk tubuh besar atau gemuk sehingga tidak sedikit dari mereka menggunakan berbagai cara untuk memiliki bentuk tubuh seperti sebelum sebelum kehamilan dan persalinan. Salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan, yaitu dengan mengonsumsi pisang karena buahnya mampu mendorong kecepatan metabolisme sehingga bisa membantu menurunkan berat badan dan mengatasi perut yang gemuk.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar