Skip to main content

Pola Diet Kolesterol Rendah

Halo, selamat tinggal. Hampir kebanyakan orang yang memiliki kolesterol tinggi sulit memilih makanan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Untuk bisa menurunkan kolesterol, kita bisa mengonsumsi makanan yang lebih spesifik. Beberapa "makanan fungsional" ini telah menunjukkan dampak yang besar dalam pengurangan kolesterol. Apalagi pastinya jauh lebih baik daripada menghirup pil dengan segelas air. "Ini bukan makanan yang ajaib, tapi bisa dikatakan dekat dengan keajaiban," kata Ruth Frechman, RD, juru bicara American Dietetic Association, seperti dikutip situs WebMD.


Sahabat, artikel kesehatan. Beberapa peneliti menemukan beberapa makanan yang bisa mengendalikan kolesterol. Makanan seperti itu meliputi ikan berlemak seperti salmon dan tuna, oatmeal, kenari dan dedak gandum, dan makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa diet yang menggabungkan "makanan super" ini sama efektifnya dengan menurunkan kolesterol dalam menurunkan kadar kolesterol LDL.
FDA telah meninjau studi terkait makanan ini. Hasilnya, FDA mengeluarkan sebuah klaim bahwa makanan ini adalah "makanan sehat" untuk mengatur kadar kolesterol.
Dengan begitu, Anda telah menemukan pilihan makanan sehat untuk meningkatkan kesehatan Anda. Dengan fokus pada diet, Anda memiliki lebih banyak pilihan.


Proses menurunkan kolesterol
1. Oats
Oatmeal dapat menurunkan kadar LDL karena kaya akan serat. Saat Anda mencerna seratnya, itu menjadi lengket. Bila di usus halus, serat akan menempel pada kolesterol sehingga usus tidak bisa menyerapnya. Dengan begitu, serat tidak akan masuk ke sistem namun dibuang ke tempat sampah.
2. kenari
Kenari juga sangat baik karena kaya akan omega-3. Omega-3 berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam aliran darah. Pakar tidak terlalu yakin dengan prosesnya. Namun, omega-3 juga bisa memperlambat penumpukan plak di arteri untuk mencegah koagulasi darah. Ada juga penelitian yang menemukan bahwa kenari bisa menurunkan kadar kolesterol.
3. Sterol dan stanol
Pada tingkat molekuler, sterol dan stanol terlihat seperti kolesterol. Jadi, mereka bisa bersatu saat mereka melewati saluran pencernaan. Dengan begitu, kedua zat ini bisa mencegah penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah. Kolesterol akan dilepaskan menjadi limbah.
4. Ikan
Omega-3 pada ikan bisa menurunkan kadar trigliserida. Omega-3 akan memperlambat pembentukan plak di arteri dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh.
Mulai berdiet
Memilih diet rendah kolesterol mungkin tidak sesederhana itu. Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Meski mengubah diet bisa membantu banyak orang, namun ada juga orang yang masih membutuhkan obat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.
Selain itu, Anda harus ingat bahwa makanan ini tidak bisa menyembuhkan semuanya. Ini tetap harus dikombinasikan dengan makanan yang rendah lemak, berat dan olahraga.
"Diet sehat tidak hanya mencakup makanan tertentu," kata Suzanne Farrell, MS, RD, juru bicara American Dietetic Association. "Ada gambaran yang lebih luas, Anda harus cukup mengonsumsi makanan, menambah variasi makanan, dan berolahraga cukup."

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar