Skip to main content

Manfaat Utama Asam Jawa Obat Tradisional

Asam (Tamarindus indica L.) merupakan tanaman milik keluarga Caesalpiniaceae. pohon asam biasanya ditemukan di daerah pegunungan di dataran rendah. pohon asam memiliki buah yang rasanya terlalu asam. Biasanya digunakan oleh masyarakat untuk memasak keperluan alias herbal. Untuk pembibitan biasanya menggunakan benih.


pohon asam juga disebut asam tackles (Sunda), Celagi, Acem dan lain-lain. Buah asam mengandung senyawa asam seperti anggur, asam apel, asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat, dan pektin.

Asam Jawa Manfaat untuk Perawatan

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, asam ini juga biasa digunakan sebagai obat tradisional. Antara lain untuk mengobati bisul, jerawat, bekas luka, gatal, nyeri haid, maag, batuk, campak, dan sebagainya. Bagian yang digunakan untuk obat tradisional adalah buah dan daun.

Maag Obat Tradisional

Asam kawak (daging buah masak asam yang telah diolah dan warnanya hitam, bukan coklat) telur puyuh, direndam dalam 1 gelas air sehingga mengembang, 5 iris temulawak yang dicuci sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semuan direbus sehingga air setengah. 1x minum sehari sampai sembuh. Untuk menempelkan: kawak asam telur puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan mendidih.

Obat Jerawat Tradisional

Menyediakan 12 daun pahit, 10 iris jahe, kencur 5 cm, 1 1sendok adas teh, 10 daun jinten, semua dicuci. Kawak tumbuk asam dengan telur puyuh. Berikan 1 2/2 g air elas, saring dan pulp diperas dengan kain. Minum 3 kali sehari. Untuk obat luar: asam diberikan air bersih, diremas, air disaring dan digunakan untuk mencuri wajah pada waktu tidur.

Gatal dalam bentuk titik-titik merah Bubbly air

Delapan irisan jahe dicuci sebelum gula aren diiris dan direbus dengan segelas air, hingga air setengah. Masukkan asam kawak telur puyuh, aduk sampai asam keluar sarinya. Ketegangan. 1x minum sehari sampai sembuh.

Gatal di bekas luka yang sudah kering

Metode I: asam kawak dibasahi dengan air bersih yang matang, dan kemudian digosok ke gatal bekas luka.

Metode II: 1 sendok makan daun asam, kunyit master piece, dicuci, dilumatkan, ditempelkan bekas luka gatal.

nyeri haid pada anak perempuan

Metode I: 10 iris temulawak yang dicuci sebelum diiris, gula aren untuk meningkatkan rasa, direbus dengan segelas air sampai air setengah. Masukkan asam kawak telur puyuh. Aduk sampai asam mengembang. Seringkali, 1x minum sehari selama seminggu sebelum menstruasi.

Metode II: kawak Asam telur puyuh, 10 iris kunyit segar dicuci sebelum diiris. Tuang setengah gelas air. Tutup dan biarkan sampai suam-suam kuku. Ketegangan. Ramuan ini untuk minum. Lakukan setiap pagi dan sore. Catatan: Asam kawak Remedy tidak harus diambil oleh wanita hamil.

tengik Haid

kawak asam telur puyuh dicampur dengan 10 irisan jahe yang dicuci sebelum diiris dan irisan gula aren. Diseduh dengan segelas air. Aduk rata. Setelah dingin disaring. 1x minum sehari selama menstruasi.

batuk kering

Siapkan 2 cangkir daun asam, 2 cangkir daun sage, 5 cm kayu manis Cina dicuci, direbus dengan 3 gelas air sampai airnya 2 cangkir. Minum pada siang hari, bukan air minum biasa. Ulangi selama beberapa hari.

mengobati Thrush

Ambil 1 cangkir daun asam muda, kunyit sepotong 5 cm. Semua dicuci, diiris kunyit. Rebus 4 gelas air sampai air setengah. Sehingga rasanya sedikit buruk, dapat ditambahkan saat merebus gula aren. Ketegangan. Minum di pagi dan sore hari. Ulangi selama beberapa hari.

mengobati Keputihan

Kawak asam marmer, 25 beluntas dicuci daun, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, sedikit gula aren. Daun asam dan kunyit hancur, diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Masukkan asam dan gula. Aduk sampai gula larut. Peras kain. Diambil pada waktu tidur setiap hari.

Campak obat

Siapkan 1 cangkir daun asam, 3 kunyit segar rimpang dicuci, diiris, garam dan gula sedikit. Semua direbus dengan 2 gelas air sampai air setengah. Diminum pagi dan sore. Ulangi seperlunya.

Ulkus (luka dan bernanah berair, gatal, dan menyakitkan)

Benih-benih asam dicuci, dikupas, hancur. Tempelkan di bisul.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar